Apa Itu Penggunaan Variabel Pada PHP..??


Halo kawan… ketemu lagi ni di postingan Germy X-Fotry. Setelah sebelumnya saya bahas tentang cara membuat fitur Login PHP. Kali ini saya akan bahas tentang apa itu variabel dan penggunaanya pada PHP. Mungkin bahasan yang saya tulis ini memang tidak terlalu ilmiah. Tapi setidaknya itu bisa mewakili arti dari variabel sehingga bisa lebih mudah untuk dipahami. Variabel bisa kita anggap suatu wadah untuk menampung data. Saya akan memberi suatu contoh. Ketika kita akan makan nasi wadah yang digunakan adalah piring. Ketika kita akan minum air wadah yang digunakan adalah gelas. Dalam contoh tersebut gelas dan piring adalah variabel. Sedangkan nasi dan air minum adalah data. Pada postingan kali ini saya akan bahas variabel lebih khusus, yaitu variabel pada PHP. Bagaimana menuliskan variabel pada PHP??? Lihat contoh dibawah
1
2
3
4
5
6
<?
 
$nomer=1;
$kata="saya";
 
?>
Di sana saya menuliskan 2 variabel yaitu $nomer dan $kata. Pada pemrogaman PHP penulisan variabel harus menggunakan tanda $. Pada contoh di atas saya memberikan data 1 pada variabel $nomer dan data saya pada variabel $kata. Coba lihat bedanya, pada variabel $nomer saya tidak memberikan tanda “” pada datanya, sedangkan pada variabel $kata saya memberikan tanda “”. Lo?? kenapa gitu ya?? itu karena data yang saya masukkan pada variabel $nomer bertipe integer dan data pada variabel $kata bertipe string. Lo ?? apa lagi itu tipe data??? nah… sekarang coba kita kembali ke contoh paling awal di atas tentang nasi dan air putih. Nasi dan air putih adalah data yang dimasukkan ke variabel piring dan gelas. Tau bedanya nasi dan air putih kan?? kalo g tau kebangetan hehehehe.
nah… pada pemrogaman juga ada perbedaan tipe data yang dimasukkan pada variabel. Berikut list tipe data pada permogaman PHP
1. Integer 
2. Double
3. Boolean
4. String
5. Object
6. Array
7. Null
7. Nill
8. Resource
gmn?? sudah ngerti kan?? tunggu postingan selanjutnya ya kawan… 

0 Response to "Apa Itu Penggunaan Variabel Pada PHP..??"

Posting Komentar